Kadar Antioksidan Dan Uji Organoleptik Puding Kulit Buah Manggis Dengan Penambahan Buah Kurma Sebagai Perasa Manis Alami

Arini, Widya and , Dra. Suparti, M. Si (2015) Kadar Antioksidan Dan Uji Organoleptik Puding Kulit Buah Manggis Dengan Penambahan Buah Kurma Sebagai Perasa Manis Alami. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03.HALAMN JUDUL.pdf

Download (346kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERYATAAN PUBLIKASI)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Puding merupakan salah satu jenis hidangan penutup yang umumnya disajikan pada akhir suatu jamuan makan dengan rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Pada penelitian ini, puding dengan penambahan bubuk kulit buah manggis dengan pemanis buah kurma. Kulit buah manggis mengandung Kalori, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Air.Kurma tergolong sebagai sumber karbohidrat terbesar dimana tersusun atas gula–gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kurma merupakan sumber terbaik serat dan beberapa mineral penting seperti besi, potassium, selenium, kalsium, dan vitamin seperti vitamin C, B1, B2, A, riboflavin dan niasin, tetapi rendah dalam lemak dan protein. Buah kurma mengandung senyawa antioksidan, yaitu senyawa fenolik seperti flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar antioksida pada puding kulit buah manggis dengan penambahan buah kurma sebagai perasa manis alami dan Untuk mengetahui hasil kualitas puding kulit buah manggis dengan penambahan buah kurma sebagai perasa manis alami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor, yaitu faktor I Penambahan bubuk kulit manggis (W), meliputi (W1): Penambahan bubuk kulit buah manggis 5 g,(W2): Penambahan bubuk kulit buah manggis 10 g,(W3): Penambahan bubuk kulit buah manggis 15 g. Faktor II Penambahan pemanis dengan buah kurma (A) yang meliputi (A1): Penambahan buah kurma 150 g,(A2): Penambahan buah kurma 200 g,(A3 ): Penambahan buah kurma 250 g. Hasil penelitian kadar antioksidan terdapat pada perlakuan W2A1 yaitu puding dengan penambahan 10 g bubuk kulit buah manggis dengan buah kurma 150 g yaitu sebesar 92,6 %.Hasil organoleptik terbaik pada perlakuan W3A3 dengan karakteristik sangat berasa kurma, aroma sedap, tektur lembut, daya terima masyarakat sangat suka dan memiliki warna sangat coklat. Kata kunci : Puding, Kulit Manggis, Kurma, Kadar Antioksidan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Puding, Kulit Manggis, Kurma, Kadar Antioksidan.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Widya Arini
Date Deposited: 13 Aug 2015 06:52
Last Modified: 11 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37056

Actions (login required)

View Item View Item