HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA PELAYANAN DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA OBYEK WISATA BAHARI LAMONGAN

NILAMSARI , YOMA PUSPI (2009) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA PELAYANAN DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA OBYEK WISATA BAHARI LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
F100040069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF
F100040069.pdf

Download (56kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS JASA PELAYANAN DAN KEPUASAN PENGUNJUNG DENGAN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA OBYEK WISATA BAHARI LAMONGAN Minat untuk berkunjung kembali merupakan suatu kegiatan mendorong individu untuk mendekati obyek yang disenangi. Hal ini diikuti oleh perasaan senang dan kencenderungan untuk mencari obyek yang di senangi. Adanya minat individu ini menimbulkan keinginan, sehingga timbul perasaan yang akan meyakinkan bahwa kegiatan tersebut mempunyai manfaat bagi dirinya, dengan kata lain minat individu ini diikuti oleh suatu keputusan dan akhirnya menimbulkan reaksi berupa perilaku berkunjung kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali pada obyek Wisata Bahari Lamongan. Hipotesis yang diajukan 1) Ada hubungan antara kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali.,2) Ada hubungan positif antara kualitas jasa pelayanan dengan minat berkunjung kembali.,3) Ada hubungan positif antara kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung obyek Wisata Bahari Lamongan sejumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini incidental sampel, dengan teknik non random sampling. Pengumplan data dilakukan dengan menggunakan skala kualitas jasa pelayanan, skala kepuasan pengunjung, dan minat berkunjung kembali. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dua predictor diperoleh nilai R sebesar 0,768 dan Fregresi sebesar 102,769 dengan p =0,000 (p<0,01) yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali. Hasil analisis lugas (matrik interkorelasi) diperoleh nilai r x1y = 0,336 , p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas jasa pelayanan dengan minat berkunjung kembali. Hasil analisis lugas diperoleh nilai r x2y = 0,780 p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali. Sumbangan efektif variabel kualitas jasa pelayanan dengan minat berkunjung kembali sebesar 0,961 % dan sumbangan efektif variabel kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali sebesar 60,854 %. Total sumbangan efektif sebesar 61,815 %, yang berarti masih terdapat 38,185 % faktor-faktor lain yang mempengaruhi minat berkunjung kembali diluar variabel kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung misalnya: keadaan lingkungan, status sosial ekonomi, jarak rumah, dan harga tiket. Hasil perbandingan skor empirik menunjukkan bahwa kualitas jasa pelayanan tergolong tinggi dengan rerata empirik (RE) = 175,962 dan rerata hipotetik (RH) =141, kepuasan pengunjung tergolong tinggi dengan rerata empirik xvii 18 ( RE) = 141,731 dan rerata hipotetik (RH) = 123, minat berkunjung kembali tergolong tinggi dengan rerata empirik (RE) = 144,969 dan rerata hipotetik (RH) = 126. Hasil analisis stepwise bahwa aspek dari kualitas jasa pelayanan yang paling dominan terhadap minat berkunjung kembali yaitu aspek daya tanggap dengan sumbangan efektif = 1,713 %, sedangkan aspek dari variabel kepuasan pengunjung yang paling dominan yaitu aspek kualitas produk dengan sumbangan efektif = 7,958 %, dan aspek kualitas pelayanan dengan sumbangan efektif = 50,270 %. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan minat berkunjung kembali. Hal ini berarti variabel kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung dengan segala aspek yang terkandung didalamnya dapat digunakan sebagai prediktor untuk mengukur minat berkunjung kembali, artinya semakin positif atau baik kualitas jasa pelayanan dan kepuasan pengunjung maka semakin tinggi minat berkunjung kembali pada obyek Wisata Bahari Lamongan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kualitas, kepuasan, minat berkunjung
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 08:20
Last Modified: 16 Nov 2010 11:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3702

Actions (login required)

View Item View Item