Hubungan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Yang Mengikuti Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Pada Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Semester Gasal Tahun Akademik 2014/2015

, Sumiati and , Dr. Siti Chalimah, M.Pd (2015) Hubungan Keaktifan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Yang Mengikuti Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan Pada Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Semester Gasal Tahun Akademik 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (BAB V)
08.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)

Abstract

Sumiati A420110074, Progam Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Agustus ,2015. Keaktifan belajar adalah keaktifan belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran juga merupakan tolak ukur dari kualitas pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keaktifan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Ekologi Tumbuhan pada program stdi pendidikan Biologi FKIP UMS semester gasal tahun akademik 2014/2015.Jenis penlitian ini adalah deskkriptif dengan pendekatan kualitatif, dan strategi berupa studi kasus. Sumber data dari angket dan hasil nilai akhir mahasiswa. Hasil angket diperoleh dari penilaian keaktifan belajar yang terdiri dari empat komponen, data hasil angket menunjukkan bahwa keaktifan belajar mendengarkan (Baik), keaktifan menanya (Baik), keaktifan menjawab (Baik), dan keaktifan menanggapi (Baik). Hasil angket diperoleh dari 58 mahasiswa dengan menggunakan teknik purpose sampling untuk mengetahui pendapat mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS tentang keaktifan belajar. Data hasil prestasi belajar mahasiswa yang terdiri dari nilai tugas, nilai UTS, nilai UAS (Baik). Disimpulkan bahwa hubungan keaktifan belajar dan prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Ekologi Tumbuhan di PS Pendidikan Biologi FKIP UMS adalah Baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil keaktifan belajar Ekologi Tumbuhan, Nilai akhir Ekologi Tumbuhan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Sumiati
Date Deposited: 12 Aug 2015 03:11
Last Modified: 11 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36952

Actions (login required)

View Item View Item