HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KEYAKINAN DIRI (SELF-EFFICACY) DENGAN KREATIVITAS PADA SISWA AKSELERASI

MARYATI , IKA (2009) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN KEYAKINAN DIRI (SELF-EFFICACY) DENGAN KREATIVITAS PADA SISWA AKSELERASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040097.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF
F100040097.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan kelas Akselerasi dianggap sebagai kelas yang sudah dapat memenuhi segala kebutuhan siswa berbakat Intelektual. Dimana untuk menjadi akseleran banyak syarat yang harus dipenuhi termasuk bebas dari problem emosional dan sosial yang ditunjukkan dengan adanya presistensi dan motivasi dalam derajat yang tinggi. Kenyataan yang ada dan menjadi permasalahan pada kelas Akselerasi saat ini adalah suasana kelas yang lebih menuntut pada kemampuan siswa berpikir konvergen (pengembangan dalam bidang akademik) daripada berpikir divergen dan kreatif. Siswa merasa tidak nyaman karena suasana belajar yang tegang, membuat siswa menjadi tertekan dan frustasi terhadap tuntutan yang ada.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi; 2) hubungan antara kecerdasan emosi dengan kreativitas pada siswa akselerasi; 3) hubungan antara keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kecerdasaan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi, ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan kreativitas pada siswa akselerasi, ada hubungan positif antara keyakinan diri dengan kreativitas pada siswa akselerasi. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,349, Fregresi = 2,152; p = 0,066 (p > 0,05). Hasil ini berarti tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas. Hasil analisis korelasi : rx1y = 0,143; p = 0,288 (p < 0,05), berarti tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan kreativitas. Hasil analisis korelasi rx2y = 0,059; p = 0,370 (p < 0,05) berarti tidak ada hubungan antara keyakinan diri dengan kreativitas. Peranan atau sumbangan efektif kecerdasan emosi terhadap kreativitas sebesar 2,046% dan sumbangan efektif keyakinan diri terhadap kreativitas sebesar 10,148%. Total sumbangan efektif sebesar 12,194%, Berdasarkan hasil analisis diketahui rerata empirik kecerdasan emosi pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 226,912 dan rerata hipotetik (RH) = 180. kondisi tinggi ini berarti subjek penelitian memiliki perilaku berlandaskan pada aspek-aspek yang ada pada variabel kecerdasan emosi. Keyakinan diri pada subjek penelitian tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 88,260 dan rerata hipotetik (RH) = 186. Artinya aspek-aspek yang ada dalam keyakinan diri mampu menjadi bagian dari karakter perilaku subjek. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri dengan kreativitas, serta tidak ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan kreativitas, dan tidak ada hubungan antara keyakinan diri dengan kreativitas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi, keyakinan diri, kreativitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:14
Last Modified: 03 Jan 2012 09:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item