Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru dan ‎Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas Xi ‎IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014‎

Susanti, Mariya and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si (2015) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru dan ‎Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas Xi ‎IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014‎. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (593kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; 1) Untuk mengetahui pengaruh ‎ketrampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa; 2) Untuk ‎mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa; ‎‎3) Untuk mengetahui pengaruh ketrampilan mengajar guru dan kompetensi guru ‎terhadap prestasi belajar akuntansi siswa.‎ Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah ‎seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 160 siswa ‎dengan sampel 110 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. ‎Data diperoleh dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. ‎Sebelumnya angket telah diujicobakan dan diuji validitas dan reliabilitasnya. ‎Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, ‎sumbangan relatif dan sumbangan efektif. ‎ Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis regresi linier Y=37,126+ ‎‎0,639 X1 + 0,416 X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ‎ada pengaruh yang signifikan, persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar ‎guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 ‎Kartasura Tahun 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,945 > ‎‎1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang ‎signifikan, kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas ‎XI IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh ‎thitung > ttabel yaitu 2,876 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; ‎‎3) ada pengaruh yang signifikan, persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar ‎guru dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI ‎IPS SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh ‎Fhitung > Ftabel yaitu 23,273 > 3,081 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X1 ‎memberikan sumbangan relatif sebesar 50,65% dan sumbangan efektif 15,40%, ‎variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 49,45% dan sumbangan efektif ‎‎15,02%. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,304, berarti 30,4% prestasi belajar ‎akuntansi pada siswa dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai keterampilan ‎mengajar guru dan kompetensi guru, sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi oleh ‎variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.‎

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru, Kompetensi Guru, ‎Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mariya Susanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 02:00
Last Modified: 12 Oct 2021 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36914

Actions (login required)

View Item View Item