Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja secara online (Studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Surakata)

Delima, Hafi and , Rini Kuswati, S.E., M.Si. (2014) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belanja secara online (Studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Muhammadiyah Surakata). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Artikel Publikasi Ilmiah.pdf

Download (715kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (909kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (369kB)
[img] PDF (BabII)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (266kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Naskah Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap minat belanja secara online dan menganalisis variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat belanja secara online. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan memberikan manfaat tentang seluk beluk bisnis online dan dapat mengetahui bertransaksi online yang aman, serta dapat membuka peluang bisnis. Penelitian ini menggunakan desain survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, adapun sampel penelitian adalah 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial di atas dapat diketahui bahwa pengetahuan teknologi informasi dan kualitas website berpengaruh signifikan terhadap minat belanja online, sehingga H1 ditolak, yang berarti bahwa pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website dan kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat belanja secara online. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 53,330 > 2,53 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka H2 diterima, hal ini berarti bahwa pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap minat belanja secara online. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kualitas website mempunyai nilai koefieisen beta sebesar 0,495 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa H3 diterima, artinya kualitas website berpengaruh dominan terhadap kepuasan minat belanja online.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan teknologi internet, kepercayaan konsumen, kualitas website, kualitas produk, minat belanja secara online
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:01
Last Modified: 15 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36891

Actions (login required)

View Item View Item