FADHILAH, LUTHFI NUR and , Suwarno (2015) Variasi Pengaturan Tempat Duduk Siswa Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 1 Sawahan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (436kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (659kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 1 Sawahan melalui variasi pengaturan tempat duduk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV A SD Negeri 1 Sawahan tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA mengalami peningkatan. Terbukti pada jumlah skor pada pengamatan minat belajar siswa pada siklus I yaitu 206, siklus II yaitu 305, dan siklus III yaitu 401. Sedangkan jumlah skor pada pengamatan motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 198, siklus II yaitu 334, dan siklus III yaitu 400. Nilai hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh nilai rata-rata 56,23. Nilai rata-rata hasil belajar setelah dilakukan tindakan adalah 66,76 pada siklus I, 75,36 pada siklus II, dan 83 pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui PTK dapat disimpulkan bahwa siklus I sampai siklus III menunjukkan bahwa variasi pengaturan tempat duduk siswa dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA sehingga dapat mempengaruhi peningkatan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV A SD Negeri 1 Sawahan. Kata kunci: Variasi pengaturan, tempat duduk, minat, motivasi belajar, hasil belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi pengaturan, tempat duduk, minat, motivasi belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Luthfi Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 06:48 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36721 |
Actions (login required)
View Item |