Qomar, Isnan Abdul and , Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D (2015) Aplikasi Pengenalan Kompetensi Dasar Otomotif Berbasis Android Sebagai Media Belajar Siswa SMK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dalam proses belajar mengajar otomotif lebih cenderung menggunakan buku materi, namun metode tersebut kurang interaktif. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti akan merancang dan membangun serta menguji media pembelajaran berupa aplikasi android. Aplikasi android ini memuat tentang materi dasar otomotif sesuai dengan silabus dengan tampilan yang menarik disertai video dan latihan soal, sehingga mampu menarik minat serta meningkatkan pemahaman siswa untuk mata pelajaran otomotif. Metode pembuatan media pembelajaran ini menggunakan metode SDLC ( System Development Life Cycle ) yaitu model waterfall, dimana dalam merancang dan pembangunannya melalui beberapa tahapan meliputi definisi kebutuhan, analisis kebutuhan, desain sistem, pembangunan sistem, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berupa aplikasi android dengan memuat materi tentang materi dasar otomotif sesuai dengan silabus, yaitu mencakup materi tentang tentang motor bakar, alat ukur, baterai atau aki dan ban. Dari data dapat disimpulkan bahwa tampilan media ini menarik, mampu membantu guru dalam menyampaikan materi dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran otomotif. Dengan demikian tujuan dibuatnya tugas akhir ini telah tercapai.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Media Pembelajaran, Otomotif |
Subjects: | X General Subject |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Isnan Abdul Qomar |
Date Deposited: | 10 Aug 2015 08:02 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 06:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36702 |
Actions (login required)
View Item |