SHOFIASTUTI , NUR (2009) PENGARUH LOKASI USAHA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PELAYANAN DI TOSERBA LUWES LOJIWETAN SURAKARTA TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210040075.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
|
PDF
A210040075.pdf Download (77kB) |
Abstract
Bagi setiap perusahaan diperlukan suatu strategi agar dapat memenangkan persaingan dalam merebut pasar. Agar konsumen bisa dipertahankan, maka perlu dikembangkan pelayanan optimal bagi konsumen dengan mempelajari perilaku konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen; (2) faktor yang paling dominan dari lokasi usaha dan kualitas pelayanan yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja pada Toserba Luwes Lojiwetan. Sampel diambil sebanyak 50 orang konsumen yang berbelanja pada Toserba Luwes Lojiwetan. Sampel diambil dengan teknik convenience sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah analisis regresi ganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi, dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Lokasi usaha, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Terbukti dari hasil uji F memperoleh Fhitung > Ftabel (86,472 > 2,34) pada taraf signifikansi 5%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 28,405 + 0,147.X1 + 0,269.X2 + 0,278.X3 + 0,247.X4 + 0,178.X5 + 0,234.X6. Persamaan menunjukkan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh lokasi usaha, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dalam kualitas pelayanan.; (2) Hasil uji t menunjukkan bahwa lokasi usaha (3,319), tangible (2,371), reliability (2,734), responsiveness (2,425), assurance (2,288), dan empathy (2,145) secara individu berpengaruh terhadap kepuasan konsumen; (3) Hasil uji koefisien determinasi (R 2 ) menunjukkan bahwa lokasi usaha, tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy mampu meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 92,3%, sedangkan 7,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya fasilitas, diskon, dan periklanan; (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha mampu meningkatkan kepuasan konsumen sebesar 8,4%, tangible sebesar 10,5%, variabel reliability sebesar 26,3%, variabel responsiveness sebesar 16,3%, variabel assurance sebesar 16,1%, dan variabel empathy sebesar 14,7%. Dari uraian tersebut dapat diketahui bahwa variabel reliability merupakan variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: lokasi usaha, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 30 Jul 2009 02:27 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 12:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3657 |
Actions (login required)
View Item |