Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Kepuasan Kerja pada Guru Honorer

Rizkiyana, Ria and , Drs. Soleh Amini Yahman, M.Si. (2015) Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Kepuasan Kerja pada Guru Honorer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Karya Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan kerja adalah kondisi dimana seorang individu merasa telah mencapai suatu puncak atas pekerjaan yang telah dikerjakan dengan upaya yang dirasakan secara emosional telah mencapai suatu tingkat tertentu. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja seseorang, salah satunya adalah faktor sosial, bagaimana interaksi sosial individu di lingkungan kerja. Ketika individu puas dengan pekerjaanya, maka individu tersebut akan memiliki interaksi sosial yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan kepuasan kerja pada guru honorer, mengetahui interaksi sosial pada guru honorer, mengetahui kepuasan kerja pada guru honorer, mengetahui sumbangan efektif interaksi sosial terhadap kepuasan kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara interaksi sosial dengan kepuasan kerja pada guru honorer. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru honorer yang mengajar di tingkat pendidikan sekolah dasar. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah kuota purposive random sampling, sebanyak 97 orang. Metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur skala psikologis kepuasan kerja dan skala psikologis interaksi sosial. Alat ukur yang digunakan skala interaksi sosial dan skala kepuasan kerja. Data analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,857 dengan sig = 0,000 < (0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan kepuasan kerja. Variabel interaksi sosial mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 120,07 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 105 yang berarti interaksi sosial subjek penelitian tergolong tinggi. Variabel kepuasan kerja memiliki rerata empirik sebesar 95,92. Rerata hipotetik skala kepuasan kerja sebesar 97,5 yang berarti kepuasan kerja subjek tergolong sedang. Sumbangan efektif variabel interaksi sosial terhadap kepuasan kerja sebesar 73,5%. Hal ini berarti masih terdapat 21,5% faktor lain yang mempengaruhi kepuasan kerja diluar variable interaksi sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, interaksi sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: RIA RIZKIYANA
Date Deposited: 10 Aug 2015 02:54
Last Modified: 11 Oct 2021 14:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36542

Actions (login required)

View Item View Item