ANALISIS GAYA BAHASA SARKASME DAN GAYA BAHASA METAFORA PADA WACANA KOLOM ”SORAK SUPORTER” HARIAN SOLOPOS EDISI JANUARI-MARET 2011

Rohman, Eko Arif and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2015) ANALISIS GAYA BAHASA SARKASME DAN GAYA BAHASA METAFORA PADA WACANA KOLOM ”SORAK SUPORTER” HARIAN SOLOPOS EDISI JANUARI-MARET 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (754kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Dalam media cetak terdapat beberapa wacana kolom, salah satunya kolom “Sorak Suporter” yang terdapat dalam halaman olahraga surat kabar harian Solopos. Kolom tersebut menyajikan SMS - SMS pembaca khususnya yang berhubungan dengan olahraga, namun dalam kolom tersebut bidang sepak bola paling mendominasi. SMS-SMS tersebut berisikan opini, kritik, saran maupun dukungan dari pembaca, ditujukan kepada individu maupun kelompok tertentu yang berhubungan dengan olahraga. Di dalam kolom Sorak Suporter, ditemukan banyak gaya bahasa namun sarkasme dan metafora lebih mendominasi dari gaya bahasa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengelompokan gaya bahasa sarkasme dan metafora, mengidentifikasi maksud sarkasme dan mengidentifikasi cara penulis membandingkan metafora pada wacana kolom “Sorak Suporter” surat kabar harian Solopos edisi Januari-Maret 2011. Prosedur penelitian adalah rangkaian tahap demi tahap kegiatan penelitiandari awal sampai akhir. Adapun tahap-tahap penelitian antara lain: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyusunan laporan. Dari analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : gaya bahasa sarkasme dan metafora banyak dijumpai pada wacana kolom “Sorak Suporter” surat kabar harian Solopos edisi Januari-Maret 2011. Data gaya bahasa penelitian ini sebanyak 134 data yang terdiri dari, 5 kelompok gaya bahasa sarkasme, sedangkan untuk pengelompokan gaya bahasa metafora ditemukan 6 kelompok, peringkat gaya bahasa sarkasme antara lain gaya bahasa sarkasme agak kasar, gaya bahasa sarkasme kasar dan gaya bahasa sarkasme sangat kasar. Kemudian cara penulis membandingkan gaya bahasa metafora diantaranya membandingkan kelompok dengan benda, membandingkan kelompok dengan seseorang, membandingkan suatu tindakan dengan benda, membandingkan alat indra dengan benda, membandingkan tempat satu dengan yang lain, membandingkan seseorang dengan benda, membandingkan kelompok dengan hewan serta membandingkan tempat dengan perilaku.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SARKASME DAN METAFORA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Eko Arif Rohman
Date Deposited: 06 Aug 2015 07:11
Last Modified: 07 Oct 2021 14:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36419

Actions (login required)

View Item View Item