YULIANI, HERLINA (2009) HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN PERSEPSI TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DENGAN PERILAKU MEMBELI PADA YOGYA CHICKEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100040031.pdf Download (25kB) |
|
PDF
F100040031.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
Abstract
Perilaku konsumen dalam pembelian dapat dipengaruhi oleh faktor gaya hidup konsumtif dan citra perusahaan. Citra perusahaan bisa menjadi alasan bagi konsumen untuk menggunakan produk dari perusahaan tersebut. Perilaku konsumen dalam pembelian timbul karena perusahaan memiliki citra yang baik. Gaya hidup konsumtif dimanfaatkan oleh para pemasar dalam merencanakan program pemasarannya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Hipotesis yang diajukan : 1) Hipotesis mayor: Ada hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken; 2) Hipotesis minor: a) ada hubungan positif antara gaya hidup konsumtif dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken, b) ada hubungan positif antara persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Subjek penelitian adalah konsumen rumah makan siap saji Yogya Chicken yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sample. Pengumpulan data menggunakan 1) skala gaya hidup konsumtif, 2) skala persepsi terhadap citra perusahaan, 3) skala perilaku pembelian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dua prediktor. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,657, Fregresi = 36,846; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku pembelian. Analisis korelasi rpar-x1y sebesar 0,597; p = 0,000 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya hidup konsumtif dengan perilaku pembelian. Analisis korelasi rpar-x2y sebesar 0,196; p = 0,024 (p < 0,05) berarti ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku pembelian. Sumbangan efektif gaya hidup konsumtif terhadap perilaku membeli = 40,904% dan sumbangan efektif persepsi terhadap citra perusahaan terhadap perilaku membeli = 2,269%. Total sumbangan efektif = 43,172% yang ditunjukkan oleh nilai koefisien determinan (R2) = 0,432. Berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dengan perilaku membeli pada Yogya Chicken. Hal ini berarti variabel gaya hidup konsumtif dan persepsi terhadap citra perusahaan dapat dijadikan sebagai prediktor untuk memprediksikan atau mengukur perilaku membeli pada konsumen Yogya Chicken.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya hidup konsumtif, Persepsi terhadap citra perusahaan, Perilaku membeli. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 Jul 2009 08:39 |
Last Modified: | 27 Oct 2011 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3641 |
Actions (login required)
View Item |