Efektivitas Strategi Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Masalah Angkatan Kerja Dan Tenaga Kerja Serta Peranan Pemerintah Dalam Upaya Penanggulangannya Kelas VIII Smp Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015

Munawaroh, Beti and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2015) Efektivitas Strategi Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Masalah Angkatan Kerja Dan Tenaga Kerja Serta Peranan Pemerintah Dalam Upaya Penanggulangannya Kelas VIII Smp Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (595kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Numbered Head Together dapat digunakan untuk mencapai tujuan pada materi masalah angkatan kerja dan tenaga kerja serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya dan mengetahui strategi Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan metode konvensional (ceramah). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII, VIII dan VIII SMP Negeri 1 Teras tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah) dan kelas ekperiment menggunakan strategi Numbered Head Together.Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pengetahuan pada kelas ekperiment di bandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai pre test kelas ekperiment yang semula 56,00% meningkat sebesar 84,56% pada post testnya meningkat sebesar 28,56% dan nilai terendah 75 sedangkan pada kelas kontrrol rata-rata nilai pre test 59,33% meningkat sebesar 73,93% pos testnya hanya meningkat 14,6% dan nilai terendah 55,6 sedangkan KKM yang ditentukan adalah 75. Kesimpulannya strategi Numbered Head Together dapat mencapai tujuan dan lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ilmu Pengetahuan Sosial dan strategi Numbered Head Together
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Beti Munawaroh
Date Deposited: 06 Aug 2015 02:52
Last Modified: 11 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36326

Actions (login required)

View Item View Item