PENGARUH TEMA IKLAN, MODEL IKLAN DAN PENGULANGAN IKLAN PERMEN BLASTER TERHADAP ADVERTISING RECALL PRODUCT PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Syamsiah, Ninik (2008) PENGARUH TEMA IKLAN, MODEL IKLAN DAN PENGULANGAN IKLAN PERMEN BLASTER TERHADAP ADVERTISING RECALL PRODUCT PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Perkembangan media komunikasi yang semakin pesat membuat konsumen dijejali dengan berbagai macam informasi produk dalam bentuk iklan. Menurut pakar komunikasi dari Amerika, seseorang rata-rata setiap harinya setidaknya menerima 1500-an exposure iklan. Banyaknya iklan yang diterima menjadikan pelanggan atau pemirsa TV tidak dapat memperhatikan pesan yang disampaikan. Untuk bertahan dalam jangka panjang, produsen harus membuat iklan yang mampu menarik konsumen dan konsumen tersebut memperhatikan pesan yang terkandung dalam iklan tersebut. Berdasarkan hal itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh tema iklan, model iklan dan pengulangan iklan secara individu maupun bersama-sama terhadap advertising recall dan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap advertising recall. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan dan mendorong perusahaan dalam memenangkan persaingan dan meningkatkan pendapatan. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari responden melalui wawancara dan dari kuesioner atau penyebaran kuesioner. Untuk pengujian hipotesis digunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekonomi yang berjumlah 3.292 mahasiswa pada tahun 2007. Sedangkan peneliti mengambil sampel 100 responden sehingga sudah mencukupi hasil hitung statistik, adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah convenience sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t variabel tema iklan (X1) diperoleh nilai thitung = 6,870 > 1,985; sehingga Ho ditolak, artinya tema iklan berpengaruh signifikan terhadap advertising recall pada produk Permen Blaster, untuk variabel model iklan (X2) diperoleh nilai thitung = 2,887 > 1,985; sehingga Ho ditolak, artinya model iklan berpengaruh signifikan terhadap advertising recall pada produk Permen Blaster, dan untuk variabel pengulangan iklan (X3) diperoleh nilai thitung = 2,118 > 1,985; sehingga Ho ditolak, artinya pengulangan iklan berpengaruh signifikan terhadap advertising recall pada produk Permen Blaster. Hasil perhitungan F statistik diperoleh Fhitung = 29,581 > 2,68; sehingga Ho ditolak, artinya tema iklan, model iklan dan pengulangan iklan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap advertising recall pada produk Permen Blaster, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,480 berarti bahwa tema iklan, model iklan dan pengulangan iklan 48% yang menyebabkan peningkatan maupun penurunan advertising recall pada produk Permen Blaster, sedangkan sisanya sebesar 52% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tema, model, pengulangan, advertising recall.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Sep 2008 02:51
Last Modified: 09 May 2011 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item