Prabowo, Alik Murih and , RISMAWATI (2015) Penerapan Strategi Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gagaksipat Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (348kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (963kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (203kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui penggunaan strategi Bamboo Dancing siswa kelas IV SD Negeri 1 Gagaksipat Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Gagaksipat yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan metode interaktif dengan empat langkah pengumpulan, reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPS pada siswa kelas IV melalui penggunaan strategi Bamboo Dancing. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase indikator pencapaian minat belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Adapun peningkatan minat belajar pada pra siklus prosentasenya sebesar 5,12%, pada siklus I pertemuan 1 minat belajar siswa prosentasenya meningkat menjadi 12,82% dan pada pertemuan 2 juga meningkat dengan prosentase 30,76%, sedangkan pada siklus II prosentase minat belajar siswa juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan yakni 61,53% pada pertemuan 1 dan naik prosentasenya menjadi 82,05% dalam pertemuan ke-2 diakhir siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan strategi Bamboo Dancing dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bamboo Dancing, minat belajar, strategi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Alik Murih Prabowo |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 05:10 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36158 |
Actions (login required)
View Item |