PUTRI, Nimas Ratu and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Dengan Boneka Wayang Pada Anak Kelompok B TK PGRI Tegalsari Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (282kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (443kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
Abstract
Bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain dengan alat atau tanpa alat tentang apa yang harus disampaikan dalam bentuk pesan,atau sebuah informasi atau hanya sebuah dongeng yang didengarkan dengan rasa yang menyenangkan karena orang yang menyampaikan cerita tersebut dapat menyampaikannya dengan menarik. Fakta yang terjadi di Taman Kanak-Kanak masih banyak yang belum melakukan kegiatan bercerita dengan media yang lebih variatif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Dalam sehari-hari pembelajaran bersifat konvensional, yang mana metode pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 16 anak kelompok B TK PGRI Tegalsari. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok B TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni pra siklus 44,6%, siklus I 62,1%, Siklus II 85,2 %. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kemampuan berbahasa anak dengan bercerita dengan boneka wayang di TK PGRI Tegalsari Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berbahasa.Bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nimas Ratu Putri |
Date Deposited: | 04 Jan 2016 02:34 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36140 |
Actions (login required)
View Item |