Saputro, Erlis Dwi and , Fatah Yasin Al Irsyadi, S.T., M.T (2015) E-Museum Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Promosi Museum Radya Pustaka. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (911kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
PDF (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) |
|
PDF (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
Museum Radya Pustaka merupakan museum tertua di Indonesia dengan koleksi berupa buku-buku budaya dan sejarah, kesusastran Jawa Kuno dan Belanda, Arca Batu, Wayang, Perunggu, dan koleksi benda-benda kuno lainnya. Media Promosi Museum Radya Pustaka dengan mengikuti atau menyelenggarakan event kebudayaan dan pariwisata. Media promosi menggunakan Augmented Reality merupakan media promosi interaktif. Dengan membuat E-Museum berbasis Augmented Reality museum Radya Pustaka diharapkan banyak pengunjung yang belum mengetahui atau yang sudah mengetahui museum Radya Pustaka menjadi semakin antusias dengan nilai-nilai sejarah dan tergerak untuk mengunjungi museum Radya Pustaka. Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Museum Radya Pustaka menggunakan software Blender untuk pemodelan 3 dimensi benda koleksi museum dan software Unity untuk membuat aplikasi Augmented Reality. Dalam penerapannya menggunakan ponsel pintar android dan menggunakan kamera untuk menampilkan objek 3 dimensi dari deteksi marker yang ditangkap oleh kamera. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi Augmented Reality Museum Radya Pustaka (AMURA) sebagai media promosi interaktif bagi museum Radya Pustaka. Dari survei yang telah dilakukan maka akan diketahui seberapa bermanfaatnya aplikasi Augmented Reality tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Museum Radya Pustaka, Media Promosi Interaktif |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Erlis Dwi Saputro |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 03:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 06:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36106 |
Actions (login required)
View Item |