Game Edukasi Augment Reality Mengenal Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Berbasis Android

Wibowo, Bayu Satriyo and , Dr. Heru Supriyono, M.Sc. (2015) Game Edukasi Augment Reality Mengenal Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (922kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (947kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)

Abstract

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan kompetensi Abad 21. Pada abad ini, sebagaimana dapat kita bersama saksikan, kemampuan kreativitas dan komunikasi akan menjadi sangat penting. Sejalan dengan itu, rumusan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013 mengedepankan pentingnya kreativitas dan komunikasi.Metode pembelajaran yang digunakan untuk kurikulum 2013 pada tingkat SD berikut menggunakan pendekatan pembelajaran tematik. Dimana guru dituntut untuk memberikan materi pembelajaran dengan cara yang kreatif dan inovatif maka dari itu salah satu alternatifnya berupa sebuah game edukasi. Game edukasi dalam hal ini memakai fitur yang terbilang masih baru yaitu fitur Augmented Reality dimana fitur ini memadukan antara objek nyata dengan objek maya. Game ini dibuat dengan menggunakan software Unity3D dengan memasukan unsur objek 3D yang dibuat dengan menggunakan software Blender sebagai peraga. Aplikasi game ini berbentuk berupa sebuah soal essay dengan jawaban bergambar. Materi game diambil dari buku panduan kelas IV SD Kurikulum 2013 mengenai Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Dalam pengujiannya, dilakukan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura dan diujikan kepada para siswa kelas IV C. Berdasarkan hasil data pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013,Tematik, Game Edukasi, Augmented Reality
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Bayu Satriyo Wibowo
Date Deposited: 05 Aug 2015 03:49
Last Modified: 13 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item