PENGARUH PROGRAM AKSELERASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN 2008

NURAINI, NUNUK (2009) PENGARUH PROGRAM AKSELERASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PPMI ASSALAAM SUKOHARJO TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000970029.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
G000970029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)

Abstract

Kemampuan akseleran yang unggul di bidang akademiknya membuat akseleran mengalami masalah bidang sosial. Tetapi hal tersebut tidak selalu menjadi patokan, sebab perkembagnan tiap anak berbakat atau akseleran itu berbeda, asalkan saja akseleran mau menempatkan diri pada posisi yang sesuai di lingkungan sekitarnya. Lingkungan memberikan kesempatan kepada individu untuk dapat mengambil manfaat yang diberikan oleh lingkungan, dan hal ini tergantung pada individu tersebut dalam menyikapinya. Oleh karena itu perlu diciptakannya lingkungan yang bersahabat agar dapat mengembangkan sikap sosial akseleran dan diharapkan dapat mempengaruhi minat belajar anak. Masalah yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh program akselerasi terhadap minat belajar siswa MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, dan bagaimana perbedaannya dengan program reguler terhadap minat belajar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh program akselerasi terhadap minat belajar siswa MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, dan bagaimana perbedaan pengaruh kelas reguler terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dengan Chi-Square (2). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan program akselerasi terhadap minat belajar siswa MTs PPMI Assalaam Sukoharjo, dimana nilai hasil perhitungan 2hitung sebesar 10,214 > 9,488, ini berarti semakin baik program akselerasi yang ada di MTs PPMi Asslaam maka semakin baik minat siswa untuk belajar; 2) Ada perbedaan pengaruh antara program akselerasi dan program reguler sebagai variabel kontrol terhadap minat belajar siswa, dimana rata-rata minat belajar untuk kelas akselerasi sebesar 61,53 dan untuk nilai rata-rata minat belajar siswa kelas reguler sebesar 57,48, ini menunjukkan bahwa ternyata kelas akselerasi mempunyai rata-rata minat belajar yang lebih baik dibandingkan dengan nilai rata-rata minat belajar kelas reguler di MTs PPMI Assalaam Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008; 3) Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui: (a) Upaya menyeim- bangkan pengembangan aspek kognitif dan aspek afektif dilakukan dengan cara memadukan dua sistem pendidikan yaitu sistem pendidikan modern dan sistem pendidikan salafiyah serta pemberlakuan berbagai kurikulum kepondokan; (b) Upaya mencegah munculnya perasaan harga diri yang berlebihan pada siswa program akselerasi adalah mencampur dalam asrama dan dalam kegiatan sehari-hari serta pemberlakuan tata tertib yang sama antara santri-santri itu. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan: 1) Kepada Guru, diharapkan dapat menciptakan kondisi dan situasi yang komunikatif misal memberikan pertanyaan kepada siswa dengan lisan dan dijawab oleh siswa itu sendiri lalu guru menyempurnakan jawaban yang benar apabila ditemui jawaban yang kurang benar, sehingga dapat memacu perkembangan sikap sosial bagi anak didiknya secara positif; 2) Kepada Siswa, diharapkan meningkatkan pengetahuan baik melalui perpustakaan maupun internet dan media-media lain yang dapat menambah pengetahuan baik itu pada kelas reguler maupun kelas akselerasi yang dapat memanfaatkan mata pelajaran yang ada di sekolah selain sebagai tempat belajar juga sebagai tempat berinteraksi agar tercapai minat belajar yang maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Akselerasi, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Jul 2009 08:41
Last Modified: 03 Jan 2012 10:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item