KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM MENURUT MANSUR

Budianto , Budianto (2009) KONSEP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM ISLAM MENURUT MANSUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060122.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
G000060122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)

Abstract

Islam merupakan ajaran yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia dalam hubungannya dengan sesama manusia, alam sekitar dan dengan Allah sebagai penciptanya. Dalam hubungan antar sesama manusia itulah tersirat kewajiban yang dibebankan kepundak manusia untuk mendidik setiap generasi baru yang dengan kehendak Allah hadir ke muka bumi secara sambung menyambung agar memperoleh penerangan, petunjuk dan pelajaran agar menjadi orang-orang yang bertaqwa. Untuk dapat menjalankan kewajiban itu, Al Qur`an dengan dilengkapi hadits Ralulullah telah memberikan tuntunan agar usaha mendidik itu dikategorikan juga sebagai bagian dari perbuatan amal kebaikan yang diridhai-Nya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konsep pendidikan anak usia dini menurut Islam dan bagaimanakah konsep pendidikan anak usia dini dalam Islam menurut Mansur? Apakah konsep-konsep pendidikan anak usia dini menurut Mansur telah sesuai dengan pandangan Islam? Penelitian dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui konsep pendidikan anak usia dini menurut Islam dan bagaimanakah konsep pendidikan anak usia dini dalam Islam menurut Mansur. Adapun manfaatnya dibagi dua, secara teoritis dan secara praktis. Adapun manfaat secara teoritis adalah memberikan sumbangan pemikiran bagi Ilmu Pendidikan Islam pada umumnya dan pendidikan anak pada khususnya, terutama mengenai pendidikan anak usia dini. Dan manfaat secara praktis adalah memberikan masukan kepada para orang tua atau guru bagaimana mendidik anak usia dini menurut Islam dan memberikan masukan kepada para orang tua atau guru agar dapat mencontoh Islam dalam mendidik anak. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, buku, surat kabar, majalah dan sebagainya. Sedangkan tehnik analisis data adalah metode analisis konteks, yaitu suatu usaha untuk mengumpulkan dan menyusun data, kemudian diusahakan pula dengan analisa dan interpretasi atau penafsiran terhadap data-data tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; pertama bahwa konsep pendidikan anak usia dini dalam Islam menurut Mansur meliputi strategi dalam mendidik anak usia dini, trilogi mendidik anak usia dini yang mencakup sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu pengetahuan dan sepandai-pandai siyasah dalam mendidik anak usia dini dan konsep terakhir adalah peranan keluarga dan faktor pendorong orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Kedua, konsep pendidikan anak usia dini dalam Islam menurut Mansur telah sesuai dengan pandangan Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, anak usia dini, Islam, Mansur
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 16 Jul 2009 08:34
Last Modified: 03 Jan 2012 10:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item