Kusuma, Mega Enggar and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2015) Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (551kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (247kB) |
|
PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (PERNYATAAN KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui pengaruhkreativitas guru dalam proses pembelajaranterhadapprestasibelajarmatapelajaranakuntansipadasiswakelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015; 2) Untuk mengetahui pengaruhkemandirianbelajarsiswakelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015; 3) Untuk mengetahui pengaruhkreativitas guru dalam proses pembelajarandankemandirianbelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranakuntansikelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas XI jurusan IPS SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015 yang berjumlah 214 siswa dengan sampel 127 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumya angket telah di uji cobakan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas sebanyak 20 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif.Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y = 52,151 + 0,207X1 + 0,382X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) ada pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar matapelajaran akuntansipadasiswakelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015. Berdasarkan uji t diperoleh thitung> ttabel, yaitu 2,393>2,268 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,018; 2) ada pengaruhkemandirian belajar terhadap prestasi belajar matapelajaran akuntansipadasiswakelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,563>2,268(α = 5%) dan signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 3) ada pengaruh kreativitas guru dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matapelajaran akuntansipadasiswakelas XI IPS SMA Negeri 3 Sukoharjotahunajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 21,914> 3,069 pada signifikansi 5%; 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 3,5% dan sumbangan efektif 3,4%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 47,6% dan sumbangan efektif 22,7%. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,261, berarti 26,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kreativitas guru dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | MEGA ENGGAR KUSUMA |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 03:02 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35959 |
Actions (login required)
View Item |