Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012

TAMTAMALANGI, GANS LAHINTA and , Drs. Djalal Fuadi, MM (2015) Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Kelengkapan Fasilitas Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2012. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (400kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (826kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2012. 2) Pengaruh kelengkapan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2012. 3) Pengaruh dukungan keluarga dan kelengkapan fasilitas perpustakaan terhadap motivasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 sebanyak 154 mahasiswa. Sampel diambil sebanyak 105 mahasiswa dengan teknik Simple Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier dapat dilihat sebagai berikut Y = 10,322 + 0,317X1 + 0,430X2, Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan kelengkapan fasilitas perpustakaan. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Dukungan keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, 5,390 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 49,2% dan sumbangan efektif 25,8%. 2) Kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,518 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 50,8% dan sumbangan efektif 26,6%. 3) Dukungan keluarga dan kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 56,230 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,524 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh dukungan dari keluarga dan kelengkapan fasilitas perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa adalah sebesar 52,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: dukungan, kelengkapan fasilitas dan motivasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan, Kelengkapan Fasilitas dan Motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Gans Lahinta Tamtamalangi
Date Deposited: 04 Aug 2015 06:43
Last Modified: 12 Oct 2021 03:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35949

Actions (login required)

View Item View Item