Nugroho, Agus Dwi and , Drs. Sami’an, M.M (2015) Pengaruh Disiplin Belajar Mahasiswa Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
11. Naskah Publikasi.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN FIX.pdf Download (819kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. 3) Pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP Akuntansi angkatan 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2011 sebanyak 121 mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Sampel diambil sebanyak 89 mahasiswa dengan teknik Propotional Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi linier dapat dilihat sebagai berikut Y = 57,195+ 0,153X1 + 0,237X2, Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 3,192>1,988dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,002 dengan sumbangan relatif sebesar 39% dan sumbangan efektif 19,7%. 2) lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 4,608>1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 61% dan sumbangan efektif 30,8%. 3) Disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 43,893>3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,505 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar mahasiswa dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 50,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : disiplin, lingkungan dan prestasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin, lingkungan dan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Agus Dwi Nugroho |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 08:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35935 |
Actions (login required)
View Item |