E-Commerce Batik di Sentra Batik Desa Pilang Masaran

Rais, Nendy Akbar Rozaq and , Umi Fadililah, S.T, M.Eng. (2015) E-Commerce Batik di Sentra Batik Desa Pilang Masaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.pdf

Download (493kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (468kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia. Terlebih bisnis batik cukup menjanjikan karena model batik di indonesia bermacam-macam sesuai daerah masing-masing penghasil batik. Dengan melihat perkembangan sistem informasi yang ada, hal ini sangat tepat untuk memanfaatkan web sebagai media untuk mempromosikan suatu produk (E-Commerce). Peneliti mengambil kasus di desa Pilang Masaran yang selama ini belum memiliki media untuk mempromosikan produk–produknya dan pencatatan transaksi penjualan yang dilakukan manual. Konsumen masih harus langsung datang ke toko-toko apabila ingin mendapatkan informasi produk dan hendak memesan produk batik. Tujuan pembuatan aplikasi e-commerce batik di desa Pilang Masaran ini adalah mencoba membantu pengusaha untuk mempromosikan produk batik dan mengelola data transaksi apabila aplikasi sudah diterapkan sepenuhnya, serta menjadikan aplikasi ini sebagai suatu alternatif media penyedia informasi yang dapat memudahkan pelanggan mendapatkan informasi dan membeli produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang dibutuhkan dan pengembangan sistem yang dilakukan di toko Sekarmelati dan Sidomulyo desa Pilang Masaran. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan program PHP dan MySQL, user interface HTML dan CSS, software Mozilla firefox, XAMP, Dreamwefer dan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah pengusaha batik di desa Pilang Masaran dapat mempromosikan produk dengan menginputkan data-data produk kedalam aplikasi dan membantu mengelola transaksi, serta menjadi alternatife media informasi bagi masyarakat luas tentang batik Pilang Masaran. Didalam aplikasi ini terdapat 4 (empat) halaman user yang memiliki hak akses yang berbeda–beda, diantaranya halaman admin, halaman pelanggan, dan supplier.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Batik, Ecommerce, MySQL, PHP, Pilang, Masaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Nendy Akbar Rozaq Rais
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:08
Last Modified: 13 Oct 2021 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35857

Actions (login required)

View Item View Item