Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Penerapan Akuntansi UMKM Sentra Industri Pembuatan Mebel Di Desa Bibis Kulon, Kel. Gilingan, Kec. Banjarsari, Surakarta

Utami, Oktyasih Widya and , IbuDra. Titik Asmawati, S.E, M.Si (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Penerapan Akuntansi UMKM Sentra Industri Pembuatan Mebel Di Desa Bibis Kulon, Kel. Gilingan, Kec. Banjarsari, Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKSI.pdf

Download (494kB)
[img] PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (969kB)
[img] PDF (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat pernyataan publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan penerapan akuntansi pada UMKM Sentra Industri Mebel Bibis Kulon. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh pengusaha mebel yang dapat memberikan informasi mengenai faktor yang mempengaruhi kesulitan penerapan akuntansi, khususnya mengenai kesulitan penerapan akuntansi di Sentra Industri Pembuatan Mebel Bibis Kulon. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal sebagai berikut: Pertama, Latar Belakang Pendidikan Pengusaha. Latar belakang pendidikan pengusaha merupakan hal yang paling dominan dari faktor yang lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengusaha mebel yang ada di Sentra Industri Mebel Bibis Kulon diperoleh hasil prosentase sebesar 62,5 % yang dapat dilihat pada Tabel I.1.Kedua,Skala Usaha. Skala usaha adalah kategori perusahaan baik besar maupun kecil.Skala usaha yang kecil, kegiatan usaha yang secara langsung ditangani oleh pengusaha mebel sendiri secara mandiri baik dari pemilihan bahan baku, produksi sampai dengan penjualan. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengusaha mebel yang berada di Sentra Industri Mebel Bibis Kulon diperoleh hasil sebesar 27,8% pengusaha belum melakukan pencatatan akuntansi dikarenakan skala usaha yang kecil. Ketiga, Umur Perusahaan.Umur Perusahan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesulitan penerapan akuntansi. Perusahaan yang sudah lama berdiri memiliki pembukuan yang lebih rapi dibandingkan dengan perusahaan yang baru memulai. Berdasarkan hasil dokumentasi yang didapat dari para pengusaha mebel yang berada di Sentra Industri Mebel Bibis Kulon diperoleh hasil sebesar 9,7% (Tabel I.1) bahwa umur perusahaan sebagai salah satu faktor penentu kesulitan penerapan akuntansi di Sentra Industri Mebel Bibis Kulon. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian adalah faktor yang mempengaruhi kesulitan penerapan akuntansi di UMKM Sentra Industri Mebel yaitu Latar Belakang Pendidikan, Skala Usaha dan Umur Perusahaan. Faktor yang paling dominan yaitu Latar Belakang Pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pencatatan Akuntansi, umkm
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Oktyasih Widya Utami
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:09
Last Modified: 12 Oct 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35772

Actions (login required)

View Item View Item