Sari, Yulis Nursita and , Agus Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (2015) Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (699kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I oke.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (569kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor penyebab siswa menyontek dan dampak negatif bagi siswa yang menyontek di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian termasuk kualitatif dan strategi adalah studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa menyontek di SMP Suka Maju Surakarta tahun pelajaran 2014/2015, karena adanya tekanan untuk mendapatkan nilai yang tinggi, dan keinginan menghindari kegagalan. Dampak negatif siswa menyontek di SMP Suka Maju Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 antara lain: 1) Siswa menjadi malas untuk belajar, 2) Siswa menjadi lebih terbiasa berbohong, 3) Siswa menjadi terbiasa menghalalkan segala cara, 4) Siswa menjadi ikut terlibat, sehingga perilaku menyontek bisa menular ke siswa yang lain, dan 5) Siswa menjadi tidak percaya dengan dirinya sendiri.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | siswa, menyontek |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Yulis Nursita Sari |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 02:20 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35521 |
Actions (login required)
View Item |