Khamidah, Nur and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Penggunaan Strategi Diskusi Dan Simposium Dalam Pembelajaran Ips Materi Tema Keunggulan Iklim Di Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf Download (699kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (35MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran diskusi dan simposium dapat meningkatkan pemahaman siswa dan mengetahui efektifitas penerapan strategi diskusi dan simposium dalam pembelajaran IPS, materi keunggulan iklim di Indonesia. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian siswa kelas VIII dari kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, VIII F, VIII G dan VIII H berjumlah 276 siswa. Kelas dibagi menjadi 2 kelas kontrol yaitu VIII B dan VIII E, sedangkan kelas lainnya menjadi kelas eksperimen. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi data hasil belajar setiap kelas, data hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data kelas kontrol diperoleh dengan metode konvensional, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh strategi diskusi dan simposium. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemahaman siswa menggunakan strategi diskusi dan simposium pada mata pelajaran IPS sub-sub tema keunggulan iklim di Indonesia meningkat, hal ini ditunjukkan peningkatan nilai rata-rata sebesar 19% yaitu pada nilai pre test sebesar 60% meningkat menjadi 79% pada nilai post test. (2) Efektifitas pembelajaran menggunakan strategi diskusi dan simposium meningkat, hal ini ditunjukkan peningkatan presentase hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 14,16% Sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 10,8% sehingga strategi pembelajaran diskusi dan simposium lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Berdasarkan hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikan 0,00 sehingga ada pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskusi dan Simposium, Pemahaman siswa, Efektifitas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | NURKHAMIDAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:55 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35497 |
Actions (login required)
View Item |