Pengaruh Kebiasaan Menulis Buku Harian Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Rinawati, Septina and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Kebiasaan Menulis Buku Harian Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (893kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menulis buku harian terhadap kecerdasan linguistik pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y = 55,706 + 0,093X, artinya kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik apabila semua unsur mendukung. Hal ini terbukti dari hasil koefisien arah regresi kebisaan menulis buku harian adalah sebesar 0,093 atau positif. Dan dengan uji keberartian koefisien arah regresi sederhana, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung ˂ ttabel, yaitu 0,474 ˂ 2,048. Hal ini berarti kebiasaan menulis buku harian tidak berpengaruh terhadap kecerdasan linguistik siswa. Data hasil dari analisis data diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,008 yang menunjukkan kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik sebesar 0,8%, sedangkan 99,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, menulis, buku harian, kecerdasan linguistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:28
Last Modified: 12 Oct 2021 16:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35457

Actions (login required)

View Item View Item