Rinawati, Septina and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Kebiasaan Menulis Buku Harian Terhadap Kecerdasan Linguistik Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (893kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (473kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menulis buku harian terhadap kecerdasan linguistik pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Surakarta tahun 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana yaitu Y = 55,706 + 0,093X, artinya kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik apabila semua unsur mendukung. Hal ini terbukti dari hasil koefisien arah regresi kebisaan menulis buku harian adalah sebesar 0,093 atau positif. Dan dengan uji keberartian koefisien arah regresi sederhana, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung ˂ ttabel, yaitu 0,474 ˂ 2,048. Hal ini berarti kebiasaan menulis buku harian tidak berpengaruh terhadap kecerdasan linguistik siswa. Data hasil dari analisis data diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,008 yang menunjukkan kebiasaan menulis buku harian berpengaruh positif terhadap kecerdasan linguistik sebesar 0,8%, sedangkan 99,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan, menulis, buku harian, kecerdasan linguistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 04:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 16:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35457 |
Actions (login required)
View Item |