Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PTK pada Siswa Kelas XI IPA 4 MAN Rembang Tahun Ajaran 2014/2015)

Nugroho, Fikri and , Dra.Sri Sutarni, M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PTK pada Siswa Kelas XI IPA 4 MAN Rembang Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan upaya meningkatkan kemampuan koneksi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 MAN Rembang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas.Siswa kelas XI IPA 4sebagai penerima tindakan dan guru matematika sebagai pemberi tindakan.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan koneksidapat dilihat dari: 1) Kemampuan siswa menyampaikan materi dengan baik kepada teman satu kelompok dalam diskusi (27,59%) meningkat menjadi (75,86%), 2) Kemampuan siswa berbagi cara dalam penyelesaian soal dengan teman baik didalam ataupun diluar kelompok (27,59%) meningkat menjadi (72,41%) , 3) Kemampuan siswa berani maju ke depan kelas untuk menyampaikan serta menjelaskan pendapat ataupun mengerjakan soal tanpa harus ditunjuk oleh guru (27,59%) meningkat menjadi (72,41%). Adanya peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari siswa mampu memperoleh nilai lebih dari sama dengan KKM (27,59%) meningkat menjadi (79,31%).Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, koneksi, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FIKRI NUGROHO
Date Deposited: 29 Jul 2015 08:21
Last Modified: 10 Oct 2021 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35431

Actions (login required)

View Item View Item