Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here Tema Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Kelas IIC SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Fathonah, Fitri Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here Tema Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Kelas IIC SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas IIC SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IIC SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 40 siswa. Objek pada penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, catatan lapangan dan wawancara. Uji validitas menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Sub Tema Hidup Bersih dan Sehat di Rumah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa sebelumnya hanya 50%. Pada siklus I pembelajaran 1 skor penilaian keterampilan berbicara yang dicapai menjadi 65% dan pembelajaran 2 menjadi 70%. Pada siklus II pembelajaran 4 skor penilaian keterampilan berbicara yang dicapai sebesar 80% dan pembelajaran 5 menjadi 85%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada Tema Hidup Bersih dan Sehat Sub Tema Hidup Bersih dan Sehat di Rumah siswa kelas IIC SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Strategi Everyone is a Teacher Here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:31
Last Modified: 12 Oct 2021 16:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item