MANAJEMEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NUR HIDAYAH KERTEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Sulasmi, Sulasmi (2009) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) NUR HIDAYAH KERTEN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
G000050109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
G000050109.pdf

Download (179kB)

Abstract

Dalam proses pembangunan, pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, karena pendidikan merupakan sarana dalam membangun watak bangsa. Oleh karena itu pengelolaan pendidikan secara baik sangat penting. Setiap usaha besar maupun kecil, baik yang bersifat komersial maupun sosial seperti lembaga sekolah, peranan manajemen (pengelolaan) sangat penting guna menunjang keberhasilan dan tercapainya tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu penerapan manajemen (pengelolaan) khususnya manajemen kepemimpinan secara baik dan benar serta profesional merupakan sebuah tuntutan agar dapat mencapai keberhasilan sekolah. Dari pengamatan yang telah penulis laksanakan selama penelitian, kepemimpinan di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta sangat baik yaitu dapat dilihat dari pengelolaan dalam segala bidang yang dapat berjalan dengan lancar, sehingga mewujudkan sekolah yang berkualitas. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana manajemen kepemimpinan sekolah di SDIT Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2008/ 2009? Dan apa faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan sekolah di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta Tahun Pelajaran 2008/ 2009? Oleh karena itu penulis berusaha mengetahui bagaimana manajemen kepemimpinan sekolah di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kepemimpinan di sekolah tersebut. Dari hasil penelitian ini, maka diharapkan dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, siswa, pendidikan mengenai manajemen kepemimpinan sekolah dan sebagai referensi ilmiah bagi peneliti selanjutnya. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif kualitatif serta analisis SWOT (strength, weakness, opportunity dan threat). Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh pimpinan sekolah dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan serta dokumen-dokumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data-data mengenai masalah manajemen kepemimpinan dan faktor-faktor pendukung dan penghambat di SDIT Nur Hidayah Kerten Surakarta. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa manajemen kepemimpinan di SDIT Nur Hidayah telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa pengelolaan tiap-tiap bidang. Pimpinan sekolah menerapkan kepemimpinan yang demokratis. Ada beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen kepemimpinan yaitu minat orang tua dalam menyekolahkan anaknya di sekolah tersebut serta kepercayaan dari masyarakat luas, guru dan karyawan yang memiliki etos kerja dan komitmen yang tinggi serta profesional. Selain itu juga lingkungan sekolah yang kondusif dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor panghambat yaitu terlalu padatnya kurikulum, ada beberapa tenaga pengajar yang mengampu mata pelajaran yang tidak sesuai dengan bidangnya serta letak sekolah yang kurang strategis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen, Kepemimpinan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 15 Jul 2009 06:21
Last Modified: 16 Nov 2010 13:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item