Jayanti, Eka and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Media Video Pembelajaran Letak Wilayah Indonesia Bagi Siswa Kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (585kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
Abstract
Berdasarkan data orientasi lapangan siswa pembelajaran konvensional yang tidak menggunakan media dalam pembelajarannya terkesan kurang menarik serta membosankan, penggunaan media dalam pembelajaran akan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media video pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pada materi letak wilayah Indonesia, dan mengetahui media video pembelajaran lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha mencari efektivitas perlakuan dari variabel tertentu terhadap varibel lain dalam kondisi yang terkontrol, yang merupakan penelitian eksperimen kelas dengan perlakuan pre-post test group controlled. Terdapat kelas eksperimen yaitu menggunakan strategi media video pembelajran dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai pre test kelas eksperimen yang semula 70,34 meningkat menjadi 93,55 pada nilai post testnya serta rata-rata nilai keterampilannya 3,59. Sedangkan kelas kontrol rata-rata nilai pre test 74,64 meningkat menjadi 90,54, sedangkan KKM yang ditentukan adalah 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tujuan pembelajaran pada materi pembelajaran letak wilayah Indonesia dapat tercapai dan strategi media video pembelajaran letak wilayah Indonesia lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Ilmu Pengetahuan Sosial, Media video pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QE Geology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | a610110045 |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 01:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 05:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35383 |
Actions (login required)
View Item |