ARAFAT, NURUL and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M. Pd (2015) Analisis Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin pada Anak Usia Sekolah Dasar(Studi Kasus pada SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
PDF (NASKAH PUBLIKASI).pdf Download (420kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
PDF (HALAMAN DEPAN).pdf Download (595kB) |
|
PDF (BAB I)
PDF (BAB I).pdf Download (145kB) |
|
PDF (BAB II)
PDF (BAB II).pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
PDF (BAB III)
PDF (BAB III).pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BAB IV)
PDF (BAB IV).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
PDF (BAB V).pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
PDF (DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (154kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
PDF (LAMPIRAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH).pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius dan disiplin pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter religius dan disiplin pada anak usia sekolah dasar selama ini terbukti cukup baik dengan adanya peran serta fungsi kepala sekolah dan guru yang sangat vital atau penting atas bantuan semua pihak warga sekolah. Usaha sekolah dalam mempertahankan dan meningkatkan pendidikan karakter, yaitu pada pendidikan karakter religius setiap pagi dilaksanakan sholat dhuha berjamaah, sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai dengan berdoa serta membaca tahfidz, makan minum berdoa dan tidak boleh berdiri, masuk keluar WC berdoa, taat beribadah, dan menghormati agama lain. Berbeda dengan pendidikan karakter disiplin, yaitu datang tepat waktu, menaati peraturan yang dibuat oleh sekolah, sebelum memasuki ruangan berbaris terlebih dahulu, tidak boleh terlambat, dan adanya polisi anak yang memantau aktivitas siswa dari datang sampai pulang serta jika ada siswa yang bermasalah akan dicatat dan dilaporkan ke guru. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius dan disiplin di sekolah dasar yakni tidak ada hambatan yang berarti bagi kepala sekolah, guru, dan siswa. Hanya saja bagi kepala sekolah dan guru perlu pendampingan khusus bagi siswa dalam mengembangkan pendidikan karakter religius dan disiplin.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Religius, Disiplin, Anak |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | NURUL ARAFAT |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 03:55 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 12:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35168 |
Actions (login required)
View Item |