Salimah, Salimah and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Ditinjau Dari Persepsi Siswa Tentang Ketrampilan Mengajar Guru Dan Cara Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKSI.pdf Download (947kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
01. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan, 2) Pengaruh cara belajar tehadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan, 3) Pengaruh persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar prakarya da kewirausahaan. Jenis penelitian ini, desriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan metude dokumentasi dan angket yang diuji cobakan dengan uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y=19,179+0,413X1+0,397X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar prakarya dan kewirausahaan dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan cara belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 5,111 > 1,973 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan relatif 51,8% dan sumbangan efektif 19,01%. 2) Cara belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan. Hal ini berdasarkan analisis regresi linear ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 4,836 > 1,973 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan sumbangan relatif 48,1% dan sumbangan efektif 17,69%. 3) Persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru dan cara belajar terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linear ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 51,904 > 3,05 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 4) hasil uji koefisien determinan (R2) sebesar 0,367 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar gueu dan cara belajar terhadap hasil belajar prakarya dan kewirausahaan adalah sebesar 36,7% sedangkan 63,3% dipengaruhi ileh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa tentang ketrampilan mengajar guru, cara belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | SALIMAH |
Date Deposited: | 28 Jul 2015 05:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35166 |
Actions (login required)
View Item |