Fauji , Romi (2009) ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN KELAYAKAN TARIF ANGKUTAN UMUM (Studi kasus Bus Executive dan AC Patas PO. Rosalia Indah jurusan Solo-Merak PP). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
D100030025.pdf Download (128kB) |
|
PDF
D100030025.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
Abstract
Bus sebagai salah satu sarana transportasi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat yang keberadaanya memerlukan penanganan secara baik dan benar. Pelayanan dan penetapan tarif yang tepat sangat diperlukan dalam penyelenggaraan angkutan umum, agar tidak menimbulkan masalah bagi masyarakat. Secara lengkap penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa biaya operasional kendaraan dan kelayakan tarif angkutan umum bus jurusan Solo-Merak khususnya bus Executive dan AC Patas PO. Rosalia Indah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Inferensial (meneliti keadaan objek dan memberikan kesimpulan). Adapun analisa kerja yang ditinjau antara lain adalah kecepatan perjalanan (travel speed), faktor muat (load factor), ketersediaan kendaraan (availability), dan waktu tempuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya adalah data sekunder yang diperoleh dari perusahaan otobus PO. Rosalia Indah yang berpusat di Palur (Solo). Adapun data sekunder yang diperoleh adalah waktu pemberangkatan dari terminal asal, waktu tiba di terminal tujuan, jarak tempuh, jumlah penumpang naik, kapasitas penumpang, jumlah armada, rute angkutan, komponen biaya operasional kendaraan, dan tarif angkutan yang berlaku pada saat penelitian berlangsung. Selanjutnya data-data tersebut diolah dan dianalisa untuk mendapatkan parameter kelayakan tarif dan kinerja bus Executive dan bus AC Patas jurusan Solo-Merak tersebut. Hasil analisa menunjukkan bahwa kinerja bus jurusan Solo-Merak khususnya bus Executive dan AC Patas telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah apabila ditinjau dari kecepatan rata-rata bus Executive sebesar 50,74 km/jam sedangkan bus AC Patas sebesar 50,35 km/jam, Load Factor bus Executive sebesar 76,47% sedangkan bus AC Patas sebesar 80,32. BOK untuk bus Executive dan AC Patas PO. Rosalia Indah sebesar Rp 4.492,33/km, Tarif penumpang di lapangan untuk bus Executive sebesar Rp 148.000 (termasuk makan) dan bus AC Patas sebesar Rp 110.000, tarif sesuai BOK untuk bus Executive sebesar Rp 138.172,17 dan untuk bus AC Patas sebesar Rp 95.164,30. Keuntungan yang didapat PO. Rosalia Indah jurusan Solo-Merak dari bus Executive sebesar Rp 2.304.913,08 dan untuk bus AC Patas sebesar Rp 10.638.913,08. Dari hasil analisa tersebut dapat dilihat bahwa kinerja bus Executive dan AC Patas PO. Rosalia Indah layak bila ditinjau dari aspek ekonomis karena dengan tarif tersebut pemilik perusahaan otobus mengalami keuntungan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Tarif, Angkutan umum |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 14 Jul 2009 08:30 |
Last Modified: | 26 Oct 2011 07:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3514 |
Actions (login required)
View Item |