Prihantoro, Herlambang and , Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng (2015) Augmented Reality Edugame Daur Hidup Makhluk Hidup Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH-PUBLIKASI.pdf Download (290kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (324kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
Abstract
Hewan dan tumbuhan di sekitar lingkungan sangat beragam dan masing – masing dari mereka memeliki pola pertumbuhan atau fase yang berbeda tetapi beberapa orang kurang paham dengan fase tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan ide untuk mengembangkan bahan ajar yang efisien dan inovatif. Dari permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan sebuah game edukasi berbasis android. Game ini dapat dimainkan pada smartphone sehingga permainan ini dapat memicu belajar bagi siswa. Permainan ini menggunakan jenis mengisi dan mencocokan gambar, dan menampilkan ringkasan materi detail tentang daur hidup makhluk hidup beserta objek 3D. Materi dalam game ini telah disesuaikan dengan soal / materi yang terdapat pada buku tematik “Peduli Terhadap Lingkungan” bersubtema “Mengenal Keanegaraman Makhluk Hidup” . Aplikasi Edugame ini diimplementasikan di SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Kartasura Kelas IV A. Hasil dari penelitian berupa aplikasi dan kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya dengan SPSS dan membuktikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik serta membantu siswa dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Edugame, Media Pembelajaran, Daur Hidup Makhluk Hidup |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Herlambang Prihantoro |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 05:45 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35094 |
Actions (login required)
View Item |