Pengembangan Bahan Ajar IPS Geografi Kelas VIII Dengan Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya

Romadhoni, Rizky Fajar and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Pengembangan Bahan Ajar IPS Geografi Kelas VIII Dengan Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria serta keefektifan bahan ajar pada tema permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya yang digunakan digunakan di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Jenis dari penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan ( Research and Development) dengan model pengembangan yang dirancang oleh Dick & Carey (2001). Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket. Instrumen penelitian yang meliputi angket kebutuham siswa, guru, ahli materi dan ahli desain buku serta hasil pengembangan yang berupa kuisioner. Validitas untuk validasi instrumen penelitian dan pengembangan bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 15. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar menunjukkan hasil sangat baik karena terlihat bahwa t hitung adalah -10,965 dengan probabilitas 0,000. Oleh karena probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, yang berarti hasil pretest dan hasil postest adalah tidak sama atau berbeda nyata. Diperkuat dengan respon siswa dengan perolehan angka rata-rata 82,03% yang diartikan sangat baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan bahan ajar, permasalahan lingkungan hidup.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rizky Fajar Romadhoni
Date Deposited: 27 Jul 2015 05:51
Last Modified: 11 Oct 2021 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35091

Actions (login required)

View Item View Item