Romadhoni, Rizky Fajar and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Pengembangan Bahan Ajar IPS Geografi Kelas VIII Dengan Tema Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria serta keefektifan bahan ajar pada tema permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya yang digunakan digunakan di SMP Negeri 1 Sidoharjo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Jenis dari penelitian ini menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan ( Research and Development) dengan model pengembangan yang dirancang oleh Dick & Carey (2001). Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, angket. Instrumen penelitian yang meliputi angket kebutuham siswa, guru, ahli materi dan ahli desain buku serta hasil pengembangan yang berupa kuisioner. Validitas untuk validasi instrumen penelitian dan pengembangan bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 15. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar menunjukkan hasil sangat baik karena terlihat bahwa t hitung adalah -10,965 dengan probabilitas 0,000. Oleh karena probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, yang berarti hasil pretest dan hasil postest adalah tidak sama atau berbeda nyata. Diperkuat dengan respon siswa dengan perolehan angka rata-rata 82,03% yang diartikan sangat baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan bahan ajar, permasalahan lingkungan hidup. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rizky Fajar Romadhoni |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 05:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 05:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35091 |
Actions (login required)
View Item |