Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kesulitan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Sitoresmi, Dian Palupi and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Kesulitan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SD Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (392kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar (2) Untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar terhadap motivasi belajar (3) Untuk mengetahui pengaruh lingkungansekolah dan kesulitan belajar terhadap morivasi belajar pada siswakelas II SD Islam Diponegoro Surakarta tahu pelajaran 2014/2015. Jumlah sempel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptf kuantitatif sehingga data dianalisa untuk mendiskripsikan pengaruh lingkungan sekolah dan kesulitan belajar terhadap motovasi belajar. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah teknik regresi linierbarganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikansi dari lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan t hitung (2,362) t tabel (2052), (2) kesulitan belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan dengan thitung (1,581) t table (2,052), (3) terdapat pengaruh dari lingkungan sekolah dan kesulitan belajar terhadap motivasi belajar dengan persamaan regresi Y = 75,562 + 0,401X1 0,267X2, ditunjukkan oleh Fhitung (3,852) F tabel (3,354), (4) antara variable lingkungan sekolah dan kesulitan belajar lebih dominan variabel lingkungan sekolah

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah, kesulitan belajar dan motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:16
Last Modified: 12 Oct 2021 15:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34995

Actions (login required)

View Item View Item