Kesantunan Asertif Dalam Bidang Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Novitasari, Diah and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum. (2015) Kesantunan Asertif Dalam Bidang Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Artikel Publikasi.pdf

Download (849kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (996kB)
[img] PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Studi yang telah dilakukan, ada 3 hal yang perlu disampaikan sebagai hasil penelitian (a) Pemakaian kesantunaan asertif dalam bidang tenaga kependidikan di UMS ditemukan enam macam bentuk tindak tutur yang dapat digolongkan ke dalam tindak tutur asertif dari 33 tuturan terdapat yakni : (1) menyatakan ditemukan 7 tuturan (21%), (2) mengusulkan ditemukan 12 tuturan (37%), (3) membual ditemukan 3 tuturan (9%), (4) mengeluhkan ditemukan 2 tuturan (6%), (5) mengemukakan pendapat ditemukan 4 tuturan (12%), (6) melaporkan ditemukan 5 tuturan (15%). (b) Strategi dan teknik kesantunan tindak tutur asertif dalam bidang tenaga kependidikan UMS ditemukan bentuk strategi kesantunan asertif berdasarkan tuturan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dari 22 tuturan yang ditemukan 12 tuturan (57%) dan teknik kesantunan asertif yaitu tuturan literal (literal speech act) dan tidak ditemukan tuturan tidak literal dari 22 tuturan yang ditemukan 10 tuturan (43%). (c) Terjadinya sebuah tindak tutur sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan kesantunan asertif dalam bidang tenaga kependidikan di UMS dari 27 sub tuturan : (1) penutur/ Mitra tutur tidak ditemukan , (2) isi pertuturan ditemukan 2 sub tuturan (7%) (3) tujuan pertuturan ditemukan 22 sub tuturan (82%), dan (4) intonasi berbicara ditemukan 3 sub tuturan (11%). Sebuah tindak tutur dapat dipengaruhi oleh salah satu faktor, atau beberapa faktor sekaligus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesantunan asertif, strategi pengungkapan dan faktor kesantunan
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: DIAH NOVITASARI
Date Deposited: 14 Jul 2015 05:05
Last Modified: 07 Oct 2021 13:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34908

Actions (login required)

View Item View Item