Marlina, Lia and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tema Komposisi Penduduk Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH aja.pdf Download (605kB) |
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (bab 1)
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (surat pernyataan publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (21MB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah dapat mencapai tujuan pembelajaran yang efektif di kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dengan menggunakan strategi pembelajaran Card Sort, serta dengan menggunakan strategi Card Sort peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan menggunakan strategi ceramah. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 156 siswa. Penelitian ini menggunakan 3 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Kelas eksperimen pada kelas VIIIC, VIIID, dan VIIIE. Sedangkan kelas kontrolnya pada kelas VIIIA dan kelas VIIIB. Hasil pengujian hipotesis data menggunakan uji mann-whitney dan uji wilxocon. Hasil hipotesis menunjukkan ada perbedaan dari strategi card sort yang digunakan saat penelitian. Data penelitian yang diambil berupa data nilai spiritual, sosial, pengetahuan (pre test dan post test) dan ketrampilan. Hasil nilai rata-rata pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terjadi perbedaan. Sedangkan pada hasil nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen terjadi perbedaan yakni nilai post testkelas eksperimen yaitu 89,83 sedangkan kelas kontrol 83,65. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran card sort lebih efektif dibandingkan dengan strategi ceramah dan dengan menggunakan strategi card sort siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehinggga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menggunakan strategi Card Sort.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Strategi Pembelajaran Card Sord, Tujuan Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lia Marlina |
Date Deposited: | 14 Jul 2015 03:19 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34872 |
Actions (login required)
View Item |