Muhimah, Umi and , M. Amin Sunarhadi, S.Si., M.P. (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Snow Balling Untuk Materi Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Komunikasi Kelas VIII SMP N 2 Banyudono Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (611kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di SMP N 2 Banyudono Desa Jetis Kelurahan Jembungan Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Setiap proses pembelajaran harus memperhatikan strategi yang akan digunakan agar pembelajaran berjalan dengan aktif dan efektif antara pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan strategi Snow Balling pada materi pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan komunikasi Kelas VIII SMP N 2 Banyudono Tahun 2014/2015. Metode penelitian ini adalah eksperimen, siswa kelas VIII/A sampai VIII/H SMP N 2 Banyudono dengan jumlah 278 siswa. Kedelapan kelas tersebut terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen sebanyak 6 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi Snow Balling. Sedangkan kelas kontrol sebanyak 2 kelas dalam proses pembelajarannya menggunakan strategi konvensional seperti ceramah. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) (Penggunaan strategi Snow Balling pada materi pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan komunikasi kelas VIII SMP N 2 Banyudono menunjukkan peningkatan hasil pembelajarannya yaitu sebesar 9,58 yaitu dari hasil Pre-test 81,41 menjadi 90,99 hasil Post-testnya. (2) Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney dan uji Wilcoxon terdapat 0,000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari peningkatan hasil pembelajarannya kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 9,58 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai 8,21.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Strategi Snow Balling, Peningkatan hasil pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Umi Muhimah |
Date Deposited: | 11 Jul 2015 02:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34718 |
Actions (login required)
View Item |