Purwaningsih, Amin and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Pahlawanku Melalui Pemberian Reward Untuk Siswa Kelas IV Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (688kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (177kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (830kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan pemberian reward atau hadiah pada siswa kelas IV Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta pada tema pahlawanku. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah guru dan siswakelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, berjumlah 34 siswa, 17 siswa laki-laki, 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara ,dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alir. Berdasarkan hasil penelitian ini, makadapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Reward atau hadiah mampu meningkatakan motivasi belajar siswa kelas IV pada tema pahlawanku SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan 40,00%; kemudian pada siklus I menjadi 60,00%; naik menjadi 80,00% padasiklus II. Dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan, sehingga penelitian ini dapat diterima
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Motivasi belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Amin Purwaningsih |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:44 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 15:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34695 |
Actions (login required)
View Item |