Wahyuningsih, Novia and , Drs. Dahroni, M.Si (2015) Pengembangan Media Ajar Video Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII Materi Fungsi Dan Peran Sumber Daya Alam Dalam Kehidupan Manusia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (614kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
Abstract
Media ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran IPS, guru dituntut untuk menggunakan media ajar agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kriteria media ajar video yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran peserta didik kelas. 2) pengembangan media ajar video dalam kegiatan pembelajaran IPS peserta didik kelas VIII, 3) efektivitas media ajar video dalam mata pelajaran IPS kelas VIII materi fungsi dan peran sumber daya alam dalam kehidupan manusia. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) menghasilkan sumber belajar untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang dibuat dengan bentuk media ajar video dengan materi “Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan manusia”. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media dan diujicobakan atau dieksperimenkan. 2) media ajar dari hasil pengembangan untuk peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta ini efektif untuk digunakan untuk mata pelajaran IPS. Kelas yang menggunakan media ajar video atau kelas eksperimen memiliki peningkatan hasil pre test dan post test sebesar 9,8, sedang kelas yang tidak menggunakan media ajar video atau kelas kontrol yaitu memiliki hasil peningkatan antara pre test dan post test sebesar 7,1. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan dari hasil kegiatan pembelajaran setelah dan sesudah menggunakan media ajar video mata pelajaran IPS materi materi fungsi dan peran sumber daya alam dalam kehidupan manusia
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media ajar video, Efektivitas, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Novia Wahyuningsih |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 07:38 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34666 |
Actions (login required)
View Item |