Suryati, Enik and , Drs. Suharso, M.S. (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Snowball Throwing Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Keberagaman Bentuk Muka Bumi Kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
9. Naskah Publikasi.pdf Download (510kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
1. Halaman Awal.pdf Download (952kB) |
|
PDF (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (609kB) |
|
PDF (BAB II)
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
PDF (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
PDF (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di SMP N 3 Sawit Boyolali yang beralamatkan di jalan SoloYogya 14 Km Desa Bendosari, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran IPS materi keberagaman bentuk muka bumi melalui penggunaan strategi snowball throwing, dan (2) Mengetahui keefektifan strategi snowball throwing pada mata pelajaran IPS materi keberagaman bentuk muka bumi dibandingkan penggunaan metode konvensional Kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali. Metode penelitian adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali kelas sebanyak 216 siswa yag tebagi dalam 7 kelas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi Snowball Throwing, sedangkan kelas kontrol diberikan metode konvensional berupa ceramah. Hasil dari penelitian adalah (1) Penggunaan strategi snowball throwing pada pembelajaran IPS tingkat pemahaman siswa mengenai materi keberagaman bentuk muka bumi kelas VII SMP N 3 Sawit Boyolali mengalami peningkatan, hasil belajar siswa menunjukan peningkatan nilai rata-rata sebesar 20,57 yaitu dari nilai rata-rata pre test sebesar 58,67 meningkat menjadi 79,24 nilai rata-rata post test. 2) Perbandingan antara kelas kontrol menggunakan metode konvensional berupa metode ceramah dengan kelas eksperimen menggunaan strategi snowball throwing terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan uji Mann Whitney yaitu peningkatan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat sebesar 20,57 sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata belajar siswa meningkat sebesar 16,18, sehingga menunjukkan bahwa strategi snowball throwing lebih efektif dibandingkan metode konvensional berupa metode ceramah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Hasil Belajar, Efektivitas, Strategi Snowball Throwing. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Enik Suryati |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 07:29 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34663 |
Actions (login required)
View Item |