Mursyidi, Saiful Qomar and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP (2015) Pengembangan Bahan Ajar IPS Kelas VII Pada Sub-Subtema Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (366kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (877kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (357kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria bahan ajar, untuk membuat model bahan ajar, dan untuk mengetahui efektivitas model bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan berupa produk bahan ajar dari materi pemanfaatan sumber daya alam. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan uji pakar validitas dan implementasi bahan ajar yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa yang berasal dari kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Model pengembangan bahan ajar yang digunakan yaitu model Dick and Carey, dengan 10 tahap yaitu: 1) Identifikasi Tujuan, 2) Melakukan Analisis Instruksional, 3) Mengidentifikasi Karakteristik Siswa, 4) Merumuskan Tujuan Kinerja, 5) Pengembangan Tes Patokan, 6) Pengembangan Strategi, 7) Pengembangan Memilih Pembelajaran, 8) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif, 9) Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Sumatif, 10) Revisi pengajaran. Hasil pengembangan dalam bentuk respon siswa dan guru tergolong dalam kriteria baik dan telah teruji validitas dosen tim ahli bahan ajar. Efektivitas pengembangan bahan ajar ini diperoleh dari data kelas eksperimen dan dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan Uji Independent Sample T Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest sebagai berikut: (1) Nilai post-test untuk kelas eksperimen adalah 73,43; (2) Nilai post-test untuk kelas control adalah 66,70; dan (3) Terdapat perbedaan mean untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 6,73. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan untuk prestasi belajar siswa berdasarkan perbedaan perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen berupa bahan ajar “Pemanfaatan Sumber Daya Alam Indonesia”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pengembangan, Bahan Ajar, Prestasi Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | SAIFUL QOMAR MURSYIDI |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 07:09 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34660 |
Actions (login required)
View Item |