Rosyid, Abdul and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Muhammad Yusron, M.Ag (2015) Model Pembelajaran TaḤfīẒul Qur‘Ān Dalam Meningkatkan Hafalan Mahasiswa Pencinta Al-Qur’an Di Universitas Muhammadiyah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (716kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (203kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
PDF (BAB VI)
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf Download (183kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
Abstract
Menghafal al- Qur‘ān merupakan upaya mengakrabkan orang-orang yang beriman dengan kitab sucinya, sehingga ia tidak buta terhadap kitab sucinya, terbukti dengan masih langka nilai-nilai al-Qur‘ān yang membudaya dan menyatu dalam kehidupan. Jelas terlihat muslimat yang masih terbuka auratnya, lebih banyak daripada yang menutup auratnya. Ini hanya satu contoh dari sekian banyak ajaran al-Qur‘ān yang belum dilaksanakan oleh jutaan kaum muslimin baik di negeri ini maupun di negeri muslim lainnya. Mahasiswa Pecinta al-Qur’an (MPQ) Universitas Muhammadiyah Surakarta sebagai salah satu lembaga dakwah kampus berusaha mendekatkan dunia keilmuan dan keislaman sehingga tidak ada jarak diantara keduanya. Oleh karena itu perlu diadakan pembinaan secara intensif kepada mahasiswa yang ingin mendalami, mengembangkan bakat dibidangnya yaitu tentang menghafal alQur‘ān. Hal itu yang menjadi salah satu alasan berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) MPQ UMS. Dalam pengembangan minat mahasiswa dalam menghafal al-Qur‘ān tidaklah semudah membalik telapak tangan, melainkan perlu adanya usaha untuk membawa dan mengarahkan kepada kebaikan. Karena dewasa ini, banyak remaja terutama mahasiswa yang sering mengabaikan al - Qur‘ān dan hadis, melainkan lebih berkiblat kepada Barat, sehingga konsumsi utama adalah 3S (song, sex, dan sport). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja model pembelajaran Taḥfīẓul Qur‘ān dalam meningkatkan hafalan Mahasiswa Pencinta al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajaran Taḥfīẓul Qur‘ān dalam meningkatkan hafalan Mahasiswa Pencinta al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah dapat memberikan wawasan keilmuan dan keislaman untuk Mahasiswa Pencinta al-Qur’an khususnya dan mahasiswa UMS pada umumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sumber data dari ketua MPQ, pengurus dan anggota MPQ, serta dokumen di MPQ UMS. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data induktif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulan bahwa model pembelajaran Taḥfīẓul Qur‘ān dalam meningkatkan hafalan mahasiswa pencinta al-Qur’an di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2015 meliputi model waḥdah, model simā’i, model jāmā’ dan model murāja‘ah . Model diatas dengan tujuan mahasiswa pencinta al-Qur’an dapat menghafal satu juz dalam satu semester.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Taḥfīẓul Qur‘ān, MPQ |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Abdul Rosyid |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 08:16 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34584 |
Actions (login required)
View Item |