Pratiwi, Riya Ayu and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Maria Ulfah, S. Pd. I (2015) Implementasi Active Learning Dalam Meningkatkan Mutu Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X Di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (395kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
bab I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
PDF (Bab III)
bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
PDF (Bab IV)
bab IV.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Bab V)
bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
PDF (Bab VI)
bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat pernyataan publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
Abstract
Pendidikan Fikih tidak sekedar memahamkan materi kepada peserta didik tetapi siswa juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Adanya penggunaan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran maka akan mendapatkan mutu belajar yang baik. dalam mencapai mutu belajar yang baik salah satunya dengan cara menggunakan metode Active Learning. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi active learning dalam meningkatan mutu belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas X di MAN 1 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif lapangan ( field research), dengan teknik pengumpulan data melalui pengmatan, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwaProses penerapan active learning dalam meningkatkan mutu belajar siswa menggunakan langkah-langkah pembelajaran active learning yaitu: 1). Tahap persiapan: dimana tahap ini mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan metode. Kemudian menganalisis sifat materi yang sesuai dan merumuskan tujuan yang ingin dicapai. 2). Tahap pelaksanaan: mengemukakan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Kemudian guru memberi rangsangan kepada siswa dan menciptakan suasana yang kondusif. 3). Tahap penutup: tahap ini adalah tahap terakhir yang dilakukan guru dengan mengklarifikasi dan menyimpulkan materi yang telah disampaikan serta memberi evaluasi. Dalam tahap penerapan pembelajaran active learningmetode yang digunakan adalah metode brainstorming, small group discussion, everyone is a teacher here, serta tanya jawab. Setiap penerapan active learning ini guru menerpkan prinsip pembelajaran seperti stimulus belajar, respon yang dipelajari, perhatian dan motivasi, serta asosiai guna mempermudah siswa dalam belajar.Setelah pengunaan pembelajaran dengan active learning maka mutu belajar siswa menjadi lebih baik. siswa dituntut untuk lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran. Siswa mampu bekerja sama dengan temannya. Mereka juga aktif dalam mengungkapakan pertanyaan maupun berani berbicara di depan kelas. Selain itu siswa juga mampu mengerjakan tugas dengan baik yang diberikan oleh guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Active Learning, Mutu Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Riya Ayu Pratiwi |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 06:30 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34551 |
Actions (login required)
View Item |