Kurniasari, Indah and , Dr. Ari Anshori, M.Ag and , Dr. Badaruddin, M.Ag (2015) Lingkungan Sekolah Sebagai Inkubator Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (336kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (989kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (Bab ii)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Artikel Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi lingkungan sekolah sebagai inkubator belajar dalam pembelajaran PAI dan 2) mendeskripsikan hambatan yang muncul dalam implementasi lingkungan sekolah sebagai inkubator belajar dan usaha untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa MAN 1 Surakarta. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion / verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi lingkungan sekolah sebagai inkubator belajar dalam pembelajaran PAI di MAN 1 Surakarta adalah melalui pengelolaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, sarana belajar, dan sasaran belajar. Lingkungan sebagai incubator learning adalah: 1) memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan, 2) memberikan pengalaman yang riil kepada siswa, pelajaran menjadi lebih konkrit, terhindar verbalistik. 3) karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Hambatan yang muncul dalam implementasi lingkungan sekolah sebagai inkubator pembelajaran PAI adalah kendala karakteristik input siswa dengan kemampuan intelejensi yang beragam dan kendala sulitnya pengawasan dan tindak lanjut. Untuk mengatasi kondisi ini guru dapat mengembangkan inovasinya sehingga guru dapat melakukan proses pembelajaran dengan lebih menarik dan kreatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lingkungan, inkubator, belajar, PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Indah Kurniasari |
Date Deposited: | 10 Jul 2015 03:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34527 |
Actions (login required)
View Item |