YUNAIFA, HANA and , Drs. Achmad Fathoni, S.E., M.Pd (2015) Upaya Meningkatkan Kompetensi Belajar IPA Melalui Strategi Pembelajaran Review Who Wants To Be A Millionaire Pada Siswa Kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (147MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (513kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi belajar IPA melalui strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire pada siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom Kabupaten Klaten tahun ajaran 2014/2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara dan catatan lapangan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran IPA dan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi belajar IPA mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan setiap siklus. Sebelum tindakan diperoleh kompetensi belajar IPA siswa sebesar 18,57%, pada siklus I kompetensi belajar IPA meningkat menjadi 38,57%, dan pada siklus II kompetensi belajar siswa meningkat menjadi 80,51%. Hal ini berarti peningkatan kompetensi belajar IPA siswa melebihi indikator pencapaian yaitu 80%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran review who wants to be a millionaire dapat meningkatkan kompetensi belajar IPA siswa kelas IVB MI Negeri Karanganom.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Who Wants to be a Millionaire, Kompetensi, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 08 Jul 2015 08:17 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 15:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34461 |
Actions (login required)
View Item |